-->

Saturday, November 9, 2013

Minggu ketiga



sumber daya konsumen dan pengetahuan


A.   Sumber daya konsumen
Sumberdayaekonomipadadasarnyadiartikansebagaisesuatusumberdaya yang dimilikibaik yang tergolongpadasumberdayaalammaupunsumberdayamanusia yang dapatmemberikanmanfaatsertadapatdigunakansebagai modal dasarpembangunan (ekonomi) wilayahtingkatketergantunganterhadapsumberdayasecarastrukturalharusbisadialihkanpadasumberdayaalam lain. Misalnya, penggunaanenergisinarmatahari, panasbumi, ataugelombanglauttermasukangin, akandapatmengurangiketergantunganmanusiaterhadapsumberdayaalam yang tidakdapatdiperbarui. sumberdayaalam yang tidakdapatdiperbarui (non-renewable or exhaustible resources). Jenissumberdayainipadadasarnyameliputisumberdayaalam yang mensuplaienergisepertiminyak, gas alam, uranium, batubaraserta mineral yang non energisepertimisalnya :tembaga, nikel,aluminium,dll. Sumberdayaalamjenisiniadalahsumberdayaalamdalamjumlah yang tetapberupa deposit mineral (mineral deposits) diberbagaitempatdimukabumi. Sumberdayaalamjenisinibisahabisbaikkarenasifatnya yang tidakbisadigantioleh proses alammaupunkarena proses penggantianalamiahnyaberjalanlebihlambandarijumlahpemanfaatannya. sumberdayaalam yang potensialuntukdiperbarui (potentially renewable resources).
SumberDayaSementara
 Waktumenjadivariabel yang semakinpentingdalammemahamiperilakukonsumen.
Karenakonsumenmayoritassemakinmengalamikemiskinanakanwaktu. Namundemikianadasuatubagianwaktu yang dihabiskanuntukkegiatan yang sangatpribadiyaituwaktusenggang.
SumberdayakognitifProduk yang diklasifikasikanmenurutsifatwaktukonsumendisebutbarangwaktu (time goods).
SumberDayaKognitif
         Pengertiansumberdayakognitifadalahkemampuanuntuksecaralebihtepatmerepresentasikanduniadanmelakukanoperasilogisdalamrepresentasikonsep yang berdasarpadakenyataan.Teoriinimembahasmunculnyadandiperolehnyaschemata—skematentangbagaimanaseseorangmempersepsilingkungannya— dalamtahapan-tahapanperkembangan, saatseseorangmemperolehcarabarudalammerepresentasikaninformasisecara mental. Teoriinidigolongkankedalamkonstruktivisme.

B.   Pengetahuan

Pengetahuankonsumenadalahsemuainformasi yang dimilikikonsumenmengenaiberbagaimacamproduk, sertapengetahuanlainnya yang terkaitdaninformasi yang berhubungandenganfungsinyasebagaikonsumen.

PengetahuanKonsumenterbagikedalamtigamacam :

1.        PengetahuanProduk
Pengetahuanprodukadalahkumpulanberbagaimacaminformasimengenaiproduk.Pengetahuaninimeliputikategoriproduk, merek, terminologiproduk, atributataufiturproduk, hargaprodukdankepercayaanmengenaiproduk.

2.        PengetahuanPembelian
Pengetahuanpembelianterdiriataspengetahuantentangtoko, lokasiproduk di dalamtokodanpenempatanproduk yang sebenarnya di dalamtokotersebut.Konsumencenderunglebihsenangmengunjungitoko yang sudahdikenalnyauntukberbelanja, karenatelahmengetahuidimanaletakproduk di dalamtokotersebut.

3.        PengetahuanPemakaian
Suatuprodukakanmemberikanmanfaatkepadakonsumenjikaproduktersebuttelahdigunakanataudikonsumsi. Agar produktersebutbisamemberikanmanfaat yang maksimaldankepuasan yang tinggi, makakonsumenharusbisamenggunakanataumengkonsumsiproduktersebutdenganbenar.Produsenberkewajibanuntukmemberikaninformasi yang cukup agar konsumenmengetahuicarapemakaiansuatuproduk. Pengetahuanpemakaiansuatuprodukadalahpentingbagikonsumen.

Sumber : http://murtihasanah.wordpress.com/2011/11/08/tugas-softskill-bab-6-sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan/
SIKAP MOTIVASI DAN MAWAS DIRI
SikapMotivasi
Motivasisecaraumumseringdiartikansebagaisesuatu yang adapadadiriseseorang yang dapatmendorong, mengaktifkan, menggerakandanmengarahkanperilakuseseorang.Motivasidalamdirimanusiaterdorongkarenaadanyakeinginanuntukhidup, keinginanuntukmemlikisesuatu, keinginanakanadanyapengakuan, keinginanakankekuasaan, secararingkasmotivasimerupakandoronganataukeinginan yang dapatdicapaidenganperilakutertentu.

Terkadangkitamempunyaimotivasi yang tinggitetapilagi-lagihanyasebuahwacana, haltersebutkarenakitatidakpercayapadadirikitasendiri yang mengakibatkanpenundaanproses.Banyakfaktor yang mengakibatkanpenundaan proses tetapisemakinkuatmotivasidibarengidengankepercayaandirimakakemungkinanmencapaitujuanakansemakinbesar.

saatkitakehilanganseseorang yang kitacintaiataupunpatahhatikitaakanmerasakehilangandanakhirnyakitamengalami 2 proses pilihantergantung mental kitayaitu proses kemunduranatau proses bangkitdariketerpurukan. Bilakitamemilihbangkitdariketerpurukankitaakanmendapatkanmotivasidalamdiri yang kuatkarenamotivasikitaadalahevaluasidaripengalaman yang membuatkitasedih, seiringwaktudan proses perilakukitaberubahkarenapemicumasalaludaninginmendapatkankeinginan yang inginkitacapai. makadapatdisimpulkandarisalahsatucontohdiatassemakinkitaterdesakdanmengalamiketerpurukanmakasemakinbesarmotivasidirikitauntukmencapaikeinginandanharapankita.

Meskipuntiap orang memilikimotivasibelajar, ada orang yang termotivasidaridalamdirinya– ’ intrinsic’ , adajuga yang termotivasidariluar – ’extrinsic’ . Mereka yang motivasibelajarnyabersifatintrinsikbiasanyaberorientasi ’inner locus of control’ .Merekasecarateraturmempertanyakankedirinya : ”Apa yang sudahsayapelajari ? Apa yang bisasayalakukanuntukmenambahdanmemperbaikinya, mengembangkannya? Apakahsayasudahcukupberupaya?,masihbisaditingkatkankahupayasaya ? dst. Yang padahekekatnya, melakukan monitoring diri.
BersikapMawasDiri
Mawasdiriadalahkemampuanuntukmengaturresponssosial di dunianyata, mengubahapa yang kamulakukan agar sesuaidengankultur, lingkungan, dankebiasaan orang yang kamuajakberkomunikasi. Bilakitasudahmenjawabuntukapakitahidup, mengetahuisiapadirikita, kitaakansadardanmawasdiri. Salah satucontohmawasdirimisalnya, karenahidup di duniainiadalahujiandimana di duniainitidakada yang abadiseharusnyakitasadarbahwatidakada yang abadi di duniainilahberartihidupituujian yang kuncimenjawabnyaadalahkeikhlasan.Keikhlasandalammenjalanikehidupandankeikhlasandalamberbagikepadasesamamaupunbermanfaatbagi orang lain di duniaini.

Mawasdiri pun tidakbolehberlebihankarnajikaberlebihankitatidakakanberanimengambilsikapatauberaniuntuklebihbaik.Otakmenyimpansemuahasilrekamanpengetahuandanpenghayatankitadalam memory-nya. Apabilakarenasatudan lain halkitasempatkelirubelajarmenjadi ’tidakmampu, tidakberdaya, tidak bias belajar’, makalangkah yang perludilakukanadalahmerombakhasilbelajartersebut
Salah satusikapmawas yang perludijagaadalahmawasakankosakata yang Andaungkapkanbaikkedirimaupunkeluar.

Kosa-kata yang AndapakaimencerminkansiapaAndatetapijugamembentukdiriAnda.MawasdirimenurutkamusBeasarBahasaindonesia, edisikedua, balaipustaka 1993, ialahmelihatmemeriksadanmengoreksi) dirisendirisecarajujur,instropeksi, kitaharusmawasdiri agar kitajanaganmembuatkesalahan yang sama.

MawasdirimenurutMarbangunHardjowirogoialahmeninjaukedalam, hatinuranikitagunamengetahuibenartidaknyasuatutindakan.Secarateknispsikiologisusahatersebutdapatdinamakanjugainstropeksi yang padadasarnyaialahpencariantanggungjawabkehatinuranimengenaisuatuperbuatan. orang jawaseringberbicaratentangmawasdiridanberusaha pula untukmempraktikkannyagunamendapatkanjawabanataspersoalan yang di hadapinyayakniapakahsuatuperbuatan yang di lakukannya, suatutindakan yang di ambilnyasecara moral dapat di benarkandandapat di pertanggungjawabkan, adapunjawaban yang di cariadalahmenelaahhatinurani.

Maksuddisiniadalahdimanaindividumengetahuibenartidaknyasuatutindakan yang ialakukanataudisebutjugadenganintropeksidiri.

http://handikaa.blogspot.com/2012/12/sikap-motivasi-dan-mawas-diri.html

No comments:

Post a Comment